Senin, 26 Januari 2015

Rumah BN



" Rumah unik "
Rumah ini kami design untuk keluarga pak beni yang punya hoby kumpul keluarga,kerja dan nyantai di rumah. Oleh karena itu ruang keluarga kami buat terkesan luas dan lapang yang mempunyai view ke taman belakang maupun ke depan rumah. Sehingga akan sangat terasa nyaman bila nyantai atau bekerja di rumah ini........

Konsep bentuk rumah ini sebenarnya adalah rumah unik yg murah, seperti yg di minta oleh pemilik rumah.
Kok bisa dikatakan murah ? Iya karena sebenarnya kami cuman buat arsitektur atap ciri arsitektur tropis indonesia, yg cuman punya satu sisi kemiringan atap saja dengan bahan fiber cemen atau zingkalum. Sehingga pembuatan tentu murah kan, di banding dengan atap limasan atau pelana......



Supaya tampil bagus maka atap zinkalum paling ujung kami tutup dengan secondary skind berupa talang cor beton dan dinding miring kedalam kurang lebih 75 derajat. Yg juga berfungsi untuk menghadang panas matahari sore karena rumah ini menghadap barat dan utara.

Secara makro konsep bentuk , rumah ini kami design dengan menggunakan kearifan lokal setempat, yaitu rumah panggung yg sedang bernaung di bawah pohon, sehingga siang hari tanpa ac sudah terasa segar dan sejuk.sehingga bisa menghemat energi listrik.

Cara lain dari itu adalah tatanan ruang yg bisa mengalirkan udara secara cross ventilation, baik secara horisontal maupun vertikal. Sehingga udara bisa mengalir merata di setiap ruang ruang nya.

Pada bagian barat ada kolam ikan dan secondary skind , disamping menambah kesan alami pada bentuk juga berfungsi untuk mendinginkan suhu ruang bila siang hari. Saat siang udara panas akan menguapkan air, uap air akan terhembus kedalam ruang ruang dalam rumah, wah tentu akan terasa sejuk dong.

Konsep penataan dan pemilihan pepohonan harus benar, sehingga konsep rumah bernaung di bawah pohon bener bener bisa berlangsung secara baik dan benar. Tatanan pohon peneduh kami bagi jadi dua , satu untuk peneduh bagian atap dan dua peneduh dinding di kala sore hari.sehingga pagi siang sore rumah ini akan di naungi oleh pepohonan peneduh itu. Sehingga seakan kita bisa bubuk siang di bawah pohon rindang saat kita berlibur di hutan atau sawah. Dengan belaian angin alam dan suplay ogsigen gratis dari Yang Maha Esa ndak terasa sambil ngobrol kita akan ngantuk dan bubuk sendiri...nach asik kan bila kita menyatu dan selaras dengan alam. Jadi seharus nya arsitek harus bisa mengangkat kwalitas alam dan lingkungan melalui ilmu kita tidak sebaliknya memaksa alam untuk ide ide kita, bisa bahaya....

Dari konsep itu semua akhirnya terciptalah konsep bentuk rumah unik milik bapak beni ini....

Arsitek : m.roni
Client : bp beni
Lokasi :palu
Luas :200 m2
Gaya dan tema bannguna  : modern dan experimental





Denah rumah unik

Isi ruang
  •  Kamar utama plus kamar mandi dalam
  • 2 Kamar anak 
  • 1 pembantu 
  • Ruang kerja
  • Ruang tamu
  • Ruang keluarga
  • Ruang makan 
  • Pantry 
  • Dapur
  • Mushola
  • Ruang servis..

2 komentar:

  1. keren bgt gan rumahny, klo bleh tahu RAB nya brapa ya gan ??
    oiya gan btw agan ada info seputar jual rumah di purwokerto yg aman lagi nyaman serta ada pagar kelilingny itu dmna ya ??
    dtunggu infony ya gan mkasih
    salam sukses ;)

    BalasHapus
  2. Trimakasih atas kunjungannya di web site kami, kami konsultan arsitek profesional surabaya bu.bukan jual beli rumah...kalau mau bikin rumah kirimkan saja data ukuran lahan dan jenis ruang yg di perlukan kemudian di emailkan ke email kami.

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

LinkWithin

karya kami yang lain :